Selasa, 02 November 2010

기도 (DOA)

Ada sebuah cerita tentang sebatang pohon bunga. Cerita yang ditulis dalam bahasa Korea ini mengisahkan tentang doa bunga kepada Tuhannya. Baiklah kita simak dan kita gunakan untuk belajar bersama sebagai berikut :

꽃나무 그루가 있습니다. ” 하느님, 저는 빨간 꽃을 피우고 싶어요, 빨간 꽃이 피게 해주세요꽃나무 기도 했습니다. 어느날, 꽃나무는 옆에 피어난 노란 보았습니다, 그래서 다시 기도 했습니다. “하느님 , 노란 꽃이더 예쁜것 같아요, 노란 꽃을 피게 주세요”. 얼마 , 꽃나무 다시 하느님게 기도 헸습니다. ” 하느님, 아무래도 파란꽃이 제일 예쁜 같아요, 파란 꽃이 피게 주세요”. 드디어 꽃나무가 꽃을 피웠습니다. 꽃나무는 꽃이 자기 모습을 보고 깜짝 놀랐습니다.빨간색 노란색 파란색이 한데 섞인 까만색꽃이 피었기 때문입니
.
( kkotnamu han geuruga issseumnida. ” Haneunim, jeoneun ppalgan kkocheul piugo sipeoyo, ppalgan kkochi pige haejuseyo ” kkotnamu gido haetseumnida. Eoneunal, kkotnamuneun yeope pieonan noran kkot eul boassseumnida, geuraeseo dasi gido haessseumnida. “Haneunim , noran kkochi deo yeppeungeot gatayo, noran kkocheul pige hae juseyo”. eolma hu, kkotnamu neun dasi haneunimge gido hessseumnida. ” Haneunim, amuraedo parankkochi jeil yeppeun geot gatayo, paran kkochi pige hae juseyo”. Deudieo kkotnamuga kkocheul piwossseumnida. kkotnamuneun kkoti pin jagi moseubeul bogo kkamjjak nollassseumnida.ppalgansaek gwa noransaek gwa paransaegi hande seokkin kkamansaekkkochi pieotgi ttaemunimnida.)

Ada sebatang pohon bunga. Ia berdoa,  ” Tuhanku..saya ingin mekar dengan bunga warna merah, maka jadikan saya mekar dengan warna bunga merah. Suatu hari, pohon bunga itu melihat disampingnya ada bunga warna kuning, maka iapun berdoa lagi. ” Tuhanku..kelihatannya bunga kuning lebih bagus lagi, mekarkanlah  saya dengan bunga warna kuning “. Selang waktu setelah itu pohon bunga itu berdoa pada Tuhannya, ” Tuhanku.. bagaimanapun bunga berwarna biru nampak paling cantik, maka mekarkanlah saya dengan bunga warna biru”. Akhirnya, pohon bunga itupun telah mekar, dan pohon bunga itu terkejut melihat penampilannya sendiri, warna merah, kuning dan biru tercampur menjadi satu, karenanya mekarlah warna hitam.




Dua cerita di atas adalah gambaran bagi kita, bahwa biarpun doa itu adalah pengabdian, penghambaan, ibadah,  namun permohonan harus disertai kesadaran siapakah kita, apakah yang telah kita lakukan dan apakah permohonan itu telah sesuai dengan kemampuan kita dan akan menjadikan kita lebih baik. Tuhan Maha Mengabulkan segala permohonan, semoga kita senantiasa menjadi hamba yang selalu memohon kepada-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar